Laporan Dewan Komisaris

Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan yang Terhormat,

Tahun 2016 merupakan tahun yang menantang bagi perekonomian Indonesia sebagai dampak dari ketidakpastian iklim ekonomi dunia. Tanda-tanda perbaikan ekonomi yang muncul menjelang akhir 2016, belum memberikan dampak yang signifikan pada sektor properti.

Penilaian terhadap Direksi

Meskipun kondisi ekonomi kurang kondusif, Dewan Komisaris mengapresiasi kinerja Direksi atas keberhasilannya dalam melaksanakan tugas secara kompeten sesuai dengan yang telah diamanatkan. Kinerja keuangan Intiland menunjukkan hasil yang positif di mana pada tahun ini, Intiland memperoleh penghargaan sebagai Pengembang Terbaik dan Penghargaan Padmamitra (untuk program CSR Perseroan yang berkelanjutan).

Dilatarbelakangi oleh belum stabilnya ekonomi pada 2016, Direksi memutuskan untuk menunda peluncuran beberapa proyek mixeduse dan high-rise di Jakarta dan Surabaya. Selain itu, Direksi juga telah melakukan berbagai usaha untuk memperkuat struktur permodalan Perseroan. Secara keseluruhan, strategi Perseroan di 2016 telah ditinjau kembali dan disusun ulang untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan pasar. Kinerja Perseroan cukup stabil meskipun angka marketing sales mengalami penurunan sebesar 13% (yoy).

Dewan Komisaris telah melakukan pengawasan dan sangat memperhatikan segala keputusan yang diambil Direksi terkait hal-hal yang berhubungan dengan strategi Perseroan dan penerapannya. Pada 2016, Dewan Komisaris telah mengadakan 9 (sembilan) Rapat Gabungan dengan Direksi.

Penerapan Tata Kelola Perusahaan

Dewan Komisaris terlibat langsung dalam penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance – “GCG”) secara konsisten di Perseroan. Perbaikan secara berkelanjutan dilaksanakan untuk menjamin penerapan GCG yang optimal di seluruh aspek Perseroan. Perbaikan ini terutama dilaksanakan oleh Audit Internal serta Komite Nominasi dan Remunerasi. Selain itu, Komite Audit juga turut berperan dalam menjamin efektivitas proses manajemen risiko dan pengendalian yang telah dilakukan. Kami juga menilai bahwa Komite Nominasi dan Remunerasi telah melaksanakan tugas mereka dengan baik dan efektif.

Sistem Pelaporan Pelanggaran

Dewan Komisaris menilai bahwa sistem pelaporan pelanggaran (whistleblowing system) telah diterapkan dan kami cukup puas dengan keberadaan sistem tersebut. Sistem ini diharapkan akan mampu menyelesaikan sebagian besar pelanggaran yang terjadi, baik finansial maupun non-finansial. Tahun ini, kami menemukan 2 (dua) pelanggaran yang dilaporkan dan telah diselesaikan oleh Audit Internal Perseroan.

Komposisi Dewan Komisaris

Tidak ada perubahan yang terjadi pada susunan Dewan Komisaris di sepanjang 2016.

Prospek Usaha 2017

Perbaikan secara perlahan yang terlihat menjelang akhir 2016 diharapkan akan semakin baik di tahun depan, sehingga Perseroan cukup optimis bahwa kinerjanya di 2017 akan lebih baik lagi daripada yang ditunjukkan pada tahun ini.

Selain itu, proyek-proyek infrastruktur yang telah direncanakan dan dimulai oleh Pemerintah juga diharapkan akan membawa angin segar dan berefek positif bagi pertumbuhan ekonomi secara umum dan sektor properti pada khususnya.

Apresiasi

Akhir kata, Dewan Komisaris ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direksi dan seluruh karyawan Perseroan, termasuk kepada para pelanggan, rekan bisnis dan pemangku kepentingan lainnya atas dedikasi dan dukungan yang tiada henti diberikan bagi Perseroan.


Jakarta, April 2017
Atas nama Komisaris PT Intiland Development Tbk

Dr. Cosmas Batubara

Komisaris Utama